Search Engine Optimization, ya itu adalah singkatan dari SEO.
SEO adalah metode untuk meningkatkan kualitas situs kita di mata mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.
Selengkapnya silahkan baca artikel ini Pengenalan - Apa itu SEO :
Setiap kali Anda memasukkan query di mesin pencari dan tekan 'enter' Anda mendapatkan daftar hasil web yang berisi istilah query. Pengguna biasanya cenderung untuk mengunjungi website yang di bagian atas daftar ini karena mereka menganggap mereka lebih relevan dengan query. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa situs peringkatnya lebih baik dari yang lain maka Anda harus tahu bahwa itu adalah karena teknik web yang kuat yang disebut Search Engine Optimization (SEO). SEO adalah teknik yang membantu mesin pencari menemukan dan mendata peringkat situs anda agar lebih tinggi dari jutaan situs lain dalam menanggapi permintaan pencarian. SEO demikian membantu Anda mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari. Tutorial SEO mencakup semua informasi yang diperlukan yang perlu Anda ketahui tentang Search Engine Optimization - apa itu, bagaimana cara kerjanya ?
Kebenaran dasar pertama yang perlu Anda ketahui untuk belajar SEO adalah mesin pencari bukanlah manusia. Meskipun ini mungkin jelas bagi semua orang, perbedaan antara bagaimana manusia dan mesin pencari melihat halaman web. Tidak seperti manusia, mesin pencari berbasis teks. Meskipun teknologi kemajuan pesat, mesin pencari jauh dari makhluk cerdas yang dapat merasakan keindahan desain yang dingin atau menikmati suara dan gerakan dalam film. Sebaliknya, mesin pencari merangkak Web, melihat item situs tertentu (terutama teks) untuk mendapatkan " ide " Situs apa ini yang dia telusuri. Penjelasan singkat ini bukan yang paling tepat karena seperti yang kita akan lihat selanjutnya, mesin pencari melakukan beberapa kegiatan dalam rangka untuk memberikan hasil pencarian atau istilahnya crawling, indexing, pengolahan, serta menghitung relevansi situs.
Pertama, mesin pencari menjelajah Web untuk melihat apa yang ada. Tugas ini dilakukan oleh sebuah software, yang disebut crawler atau spider (atau Googlebot, seperti halnya dengan Google). Spider mengikuti link dari satu halaman ke halaman lainnya dan segala sesuatu indeks yang mereka temukan dalam perjalanan mereka. Pikirkan saja jumlah halaman di Web (lebih dari 20 miliar), adalah mustahil untuk spider mengunjungi situs anda setiap hari hanya untuk melihat apakah halaman baru telah dibuat atau jika halaman yang ada telah dimodifikasi.
Apa yang dapat Anda lakukan adalah untuk memeriksa apa crawler melihat situs Anda. Seperti telah disebutkan, crawlers buksn manusia dan mereka tidak melihat gambar, film Flash, JavaScript, frame, halaman dilindungi sandi dan direktori, jadi jika Anda memiliki berton-ton ini di situs Anda, Anda sebaiknya menjalankan Spider Simulator di bawah ini untuk melihat apakah ini adalah Goodies dilihat oleh spider. Jika mereka tidak dapat dilihat, tidak diindeks, tidak diproses, dll
Dengan kata lain web anda tidak ada di mesin pencari.
Setelah halaman dijelajahi, langkah berikutnya adalah untuk indeks isinya. Halaman diindeks disimpan dalam database raksasa, dari mana nanti dapat diambil. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata dan ungkapan yang paling menggambarkan halaman dan menugaskan halaman untuk kata kunci tertentu. Untuk manusia tidak akan mungkin untuk memproses jumlah informasi tersebut tetapi umumnya mesin pencari menangani baik-baik saja dengan tugas ini. Kadang-kadang mereka mungkin tidak mendapatkan arti dari hak halaman tetapi jika Anda membantu mereka dengan mengoptimalkan itu, akan lebih mudah bagi mereka untuk mengklasifikasikan halaman Anda dengan benar dan untuk Anda keuntungannya yaitu mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.
Ketika permintaan pencarian datang, proses mesin pencari itu - yakni membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman yang terindeks dalam database. Karena ada kemungkinan bahwa lebih dari satu halaman (praktis ini jutaan halaman) berisi string pencarian, mesin pencari mulai menghitung relevansi dari setiap halaman dalam indeks dengan string pencarian.
Ada berbagai algoritma untuk menghitung relevansi. Masing-masing algoritma memiliki bobot relatif berbeda untuk faktor umum seperti kepadatan kata kunci, link, atau metatags. Itulah mengapa mesin pencari yang berbeda memberikan hasil pencarian halaman yang berbeda untuk string pencarian yang sama. Apa kelebihannya, itu adalah fakta yang diketahui bahwa semua mesin pencari utama, seperti Yahoo!, Google, Bing, dll secara periodik mengubah algoritma dan jika Anda ingin menyimpan di atas, Anda juga perlu menyesuaikan halaman Anda terhadap perubahan terbaru . Inilah salah satu alasan (yang lainnya adalah pesaing Anda) untuk mengabdikan upaya permanen untuk SEO, jika Anda ingin di bagian atas Search Engine.